JUMBARA Mula Madrasah Ibtidaiyah Kab. Pekalongan Pertama digelar.



Pembukaan Jumbara Mula Kab. Pekalongan
Upacara Pembukaan Jumbara Mula Kab. Pekalongan

Kegiatan jumbara mula Madrasah Ibtidaiyah tingkat Kabupaten pekalongan untuk pertama kalinya digelar. Tepatnya pada tanggal 23 oktober 2016, kegiatan ini di prakarsai atas kerjasama PMI Kabupaten Pekalongan dengan Kelompok Kerja Madrasah Ibtidaiyah (KKMI) Kab. Pekalongan. Pada tahun tahun sebelumnya kegiatan Jumbara mula Kabupaten Pekalongan dilaksanakan bersama dengan peserta perwakilan tiap kecamatan diwakili 2 MI dan 2 SD untuk berkompetisi ditingkat kabupaten.
Jumbara atau singkatan dari Jumpa Bakti Gembira; Jumpa adalah peserta berjumpa untuk saling berbagi pengetahuan, ketrampilan, sikap, dan pengalaman, serta menjalin persahabatan. Bakti adalah Peserta meningkatkan dan menerapkan pengetahuan, ketrampilan dan sikap dalam kehidupan sehari-hari. Gembira adalah kegiatan dilaksanakan dalam suasana riang dan gembira.
Tema dalam jumbara mula tingkat Madrasah di Kabupaten Pekalongan yang pertama ini, mengangkat tema sebagaimana yang tercantum dalam juknis pelaksanaan; “Jumbara Mula Madrasah Ciptakan Generasi Sehat, Cerdas dan Berprestasi”. Mulanya kegiatan akan dimulai dengan upacara di lapangan kompek Islamic Center Kedungwuni Pekalongan. Namun berhubung gerimis mengguyur maka panitia memutuskan pembukaan dilaksanakan didalam aula komplek masjid islamic center kedungwuni. Hal itu tidak menjadikan berkurangnya semangat para peserta, sebagaimana yang Ibu Ir. Arini Harimurti sekalu Ketua PMI Kab. Pekalongan dalam pembukaan acara tersebut, menerangkan rasa bangga kepada anak-anak walaupun hujan gerimis mengguyur sejak pagi tapi antusias dan semangat anak-anak sangat tinggi. 
Simbolis Pembukaan Jumbara Mula oleh Ketua PMI Kab. Pekalongan
Simbolis Pembukaan Jumbara oleh ketua PMI Kab. Pekalongan

Dalam pelaksanaannya yang diikuti oleh 108 unit PMR Mula Madrasah Ibtidaiyah, ada 6 materi yang di evaluasi dalam Jumbara meliputi Ayo Siaga Bencana dimana peserta di minta untuk menyusun Puzzle dan memasukkan isi Tas Siaga Bencana serta mengelompokkan kalimat kesiap-siagaan bencana. Outbound kepemimpinan dan Game Kepalangmerahan dengan sasaran anak panah. Pertolongan Pertama membantu korban luka berdarah. Kesehatan dan sanitasi dengan praktek cuci tangan dan gosok gigi. Kesehatan Remaja dengan gerak dan lagu kampanye PHBS. 

 
Jumbara Mula
Pemberian Apresiasi Peserta Jumbara

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "JUMBARA Mula Madrasah Ibtidaiyah Kab. Pekalongan Pertama digelar."

Posting Komentar

Disqus Shortname

Comments system